CUACA DI INDONESIA YANG DIPENGARUHI OLEH ELNINO DAN LANINA

31 12 2009

Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relative sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Contohnya cuaca pada siang hari, sore hari dan malam hari bias berbeda-beda setiap jamnya pada wilayah yang berbeda pula. Sedangkan iklim adalah keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama dan dalam wilayah yang luas.

Di setiap belahan dunia memiliki cuaca dan iklim yang berbeda-beda tergantung pada suhu atau temperature udara , angin, tekanan udara, kelembaban udara dan curah hujan.

Suhu atau temperature udara

Suhu atau temperature udara adalah derajat panas dari aktifitas molekul dalam atmosfer

Angin

Angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.

Tekanan Udara

Tekana udara adalah suatu gaya yang timbul akibat adanyaberat dari lapisan udara. Besarnya tekanan udara pada suatu daerah berbeda-beda semakin tinggi suatu daerah dari permukaan laut maka tekanan udaranya semakin rendah, dan juga sebaliknya.

Kelembaban udara

Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang terkandung dalam massa udara pada suatu waktu dan tempat.

Curah hujan

Curah hujan adalah jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dan waktu tertentu.

El Nino dan La Nina adalah suatu fenomena alam dimana meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah dan Timur sepanjang ekuador  dan Peru diatas rata-rata normalnya. Nama El Nino berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “anaik laki-laki” karena arus ini sering muncul pada musim  natal, sedangkan La Nina adalah “gadis kecil” (dalam bahasa Spanyol). Kajadian El Nino dan La Nina ini juga banyak mempengaruhi cuaca dan iklim di dunia, termasuk juga  di Indonesia.

Cuaca saat ini sangat tidak menentu hal ini terjadi karena adanya beberapa factor, pemanasan global dan juga salah satu faktornya adalah el nina dan la nino. Cuaca dan iklim terjadi setelah berlangsungnya suatu proses fisik dan dinamis yang kompleks di dalam atmosfer bumi,  kompleksitas proses fisik dan dinamis di atmosfer bumi ini berawal dari perputaran planet bumi pada matahari dan perputaran bumi pada porosnya.

Di Indonesia terdapat dua iklim yaitu iklim panas dan iklim hujan, tapi saat ini cuaca ini tidak bias diprediksi dengan tepat. El Nino merupakan fenomena global dimana naiknya suhu atau memanasnya suhu muka laut pada perairan Ekuator Pasifik Timur atau anomaly suhu muka laut  di daerah tersebut adalah positif. Fenomena El Nino ini menyebabkan curah hujan di sebagian wilayah di Indonesia berkurang, tapi hanya sebagian wilayah di Indonesia karena luasnya daerah di Indonesia tidak semua wilayah terkena dampak El Nino.

Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya gagal panen di sebagian daerah di Indonesia seperti pada tahun 1997-1998, dimana seluruh dunia terkena dampak dari El Nino yaitu kekeringan di Australia, bagian selatan Afrika dan sebagian besar Asia. Ini menyebabkan kerugian sebesar US 34 miliar di seluruh dunia.

Dampak lain dari El Nino adalah sirkulasi moonson melemah, dan juga potensi hujan terdapat di sepanjang Pasifik Ekuator Tengah dan Barat serta juga Argentina cuacanya cenderung menjadi hangat dan lembab. El nino juga menyebabkan kekeringan di Indonesia, tapi karena Indonwsia merupakan Negara maritime jadi tidak semua terkena dampak dari el nino ini.

Sedangkan pada La Nina merupakan kondisi anomali pada iklim global. Pada kondisi laa nina suhu muka laut itu mengalami penurunan di timur ekuator Lautan Pasifik. Pada saat terjadi la  nina angin pasat timur yang bertiup di sepanjang Samudra Pasifik menguat sehingga mengakibatkan massa air hangat yang terbawa kea rah pasifik barat semakin banyak. Hal ini mengakibatkan massa air dingin di Pasifik Timur bergerak keatas dan menggatikan massa air hangat yang berpindah tersebut. Fenimena ini biasa disebut Upwelling.

Fenomena la nina menyebabkan curah hujan disebagian wilayah di Indonesia mengalami peningkatan, bahkan sangat berpotensi mengalami banjir. Pengaruh la nina yang muncul pada saat musim kemarau seharusnya member keuntungan bagi para petani, karena dengan seringnya turun hujan pada musim kemarau masa tanam dan panen petani lebih banyak. Tapi tidak bagi petadi tembakau dan garam mereka mengharapkan panas pada musim kemarau,sehingga jika terjadi la nina pada musim kemarau mereka mengalami kerugian.

Fenomena La Nina sempat melanda dunia sekitar dua tahuin lalu, yakni ketika beberapa daerah di Indonesia terkena banjir akibat curah hujan berlebihan pada sekitar bulan Februari dan Maret. Lebih jauh Erna memaparkan, biasanya daerah yang paling merasakan akibat La Nina maupun El Nino adalah kawasan Indonesia bagian timur. Ini disebabkan kawasan tersebut berhadapan langsung dengan wilayah sirkulasi udara dan atmosfer Pasifik bagian barat dan bagian timur. Nusa Tenggara, Bali, Maluku, Madura, menjadi daerah yang rawan terhadap kekeringan sekaligus juga kebanjiran akibat curah hujan berlebihan.Sedangkan untuk saat ini kemarau masih akan terus berlanjut hingga sekitar bulan Agustus ke depan. Kekeringan ini menurut akan terus ”berjalan” dari daerah kawasan timur ke barat. Ini dikarenakan memang sesuai dengan pola musim yang selalu bergerak dari arah timur ke barat Indonesia.

Selain el nino dan la nina global warming juga mengakibatkan ketidakpastian cuaca di Indonesia, cuaca di Indonesia menjadi sedikit ekstrim. Contohnya pada saat musim kemarau hujan turun, sedangkan pada saat musim hujan cuaca panas terjadi.

sumber :

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0011/30/NASIONAL/lani08.htm

http://dhi.koran-jakarta.com/index.php

http://cuaca.freeabis.com/

http://miftahulmunir.wordpress.com/2009/06/23/indikasi-el-nino-la-nina/


Aksi

Information

25 responses

31 12 2009
reeesa03

apa ada pengaruh yang dapat menguntungan bagi daerah yang terkena dampak el nino dan la nina ini?

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih risa untuk pertanyaan yang cukup membangun ini….
akan coba saya jawab
pengaruh yang menguntungkan bagi daerah yang terkena dampak dari el nino dan la nina adalah pada musim kemarau saat terjadi la nina, memberikan dampak positif bagi para petani yaitu terjadinya hujan pada saat musim kemarau panjang. ini memberikan para petani untuk masa tanam dan panen mereka lebih banyak.
terima kasih

2 01 2010
bella..brella =)

ijaal ssiiiip lahh artikelnyaa ..
bikin yang banyak lagii yaaa ..hhe
tapi mau nanya ni ,
kan ,,Pada kondisi laa nina suhu muka laut itu mengalami penurunan di timur ekuator Lautan Pasifik. Pada saat terjadi la nina angin pasat timur yang bertiup di sepanjang Samudra Pasifik menguat sehingga mengakibatkan massa air hangat yang terbawa ke arah pasifik barat semakin banyak. Hal ini mengakibatkan massa air dingin di Pasifik Timur bergerak keatas dan menggatikan massa air hangat yang berpindah tersebut. Fenimena ini biasa disebut Upwelling,,,
Nah yang saya mau tanyakan apa akibatnya terhadap kehidupan laut saat terjadi upwelling tadi ?
lalu apakah ada hal positif dari kedua fenomena tersebut?

makasii ya ijal

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih bella,,,
akan saya coba untuk menjawab pertanyaan bella
akibat terhadap kehidupan laut saat terjadi upwelling???
menurut saya akibat dari upwelling itu adalah bertambahnya populasi organisme di bawal laut, seperti yang saya baca dari blog teman saya jimmy bahwa upwelling mengakibatkan naiknya tingkat produktivitas primer di suatu perairan sebagai imbas dari naiknya nutrien dari bagian bawah. Selanjutnya peristiwa tersebut akan mempengaruhi tingkat populasi organisme di perairan tersebut.
terima kasih bella

3 01 2010
jimmykalther

apa dampak el nino terhadap kondisi fisik hewan (organisme) laut di daerah terjadinya?

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih jimmy untuk komentarnya
susah sekali,, tapi akan coba saya jawab
menurut saya itu tidak berpengaruh terhadap kondisi fisik hewan laut, tetapi hewan laut itu lebih ke menghidarinya, sebagai contoh dari artikel yang saya baca bahwa pada saat terjadi el nino di Peru populasi ikan-ikan Anchovy berkurang, karena habitat mereka bukan di perairan hangat seperti pada saat terjadi el nino.
terima kasih jimmy
maaf kalo salah jawab.

3 01 2010
M. Indera G.S.P.

jal ,,
ntar gantian komen di blog gwa ya ..

mengapa di Indonesia disaat ada yg ada bencana banjir misal di daerah jawa tapi ada daerah yang malah kekeringan di luar jawa???jelaskan!!
padahal kan seharusnya sama ..
apakah kita bisa mencegah bencana tsb ???apa solusinya???

makasih ..

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih atas pertanyaannya
akan saya coba jawab
tidak seharusnya sama.
ini disebabkan karena indonesia adalah negara maritim, sehingga tidak semua daerahnya terkena dampak dari elnino dan lanina.
kita tidak bisa mencegah bencana tersebut tapi kita bisa menanggulanginya, pemerintah sudah menetapkan beberapa cara untuk menanggulanginya seperti :
1. membentuk laisson officer (LO) yang dilengkapi SMS center dan berfungsi untuk menumbuhkan keperdulian dan kehati-hatian masyarakat luas (public awarness) dalam mengelola dan memanfaatkan sumber air, mengolah lahan dan lingkungan, memilih varietas dan bercocok tanam dalam situasi El Nino, mencatat serta melaporkan kejadian kekeringan dalam dimensi ruang dan waktu, dan memberi arahan , solusi serta pendampingan terkait pengelolaan air, tanah dan tanaman.
2. menanamkan benih atau bibit-bibit unggul
3. menaikan muka air dengan cara dam parit untuk mengairi lahan budidaya
4. menerapkan irigasi intermiten, bergilir dan irigasi tetes
5. meningkatkan efisiensi pemanfaatan air pada daerah daerah rawan kekeringan, termasuk didalamnya adalah memperbaiki saluran irigasi
6. menyiapkan saran dan prasarana untuk mentransfer air antar wilayah
dan juga peran masyarakat sangat penting dalam usaha penanggulangan ini.
terima kasih indra.

4 01 2010
djeecintalaut

ijal mau nanya
apakah masih bisa memperkirakan cuaca yang terjadi setiap harinya jika fenomena yang terjadi pada saat musim kemarau hujan turun, sedangkan pada saat musim hujan cuaca panas terjadi?

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih atas pertanyaannya
akan coba saya jawab
BMG masih bisa memperkirakan cuaca di indonesia dan itu selalu di update agar masyarakat tau akan perubahan-perubahan cuaca yang akan terjadi.
mungkin dengan selalu mengupdate perkiraan cuaca, kita masih bisa tau cuaca yang akan terjadi.
terima kasih

4 01 2010
Irman Eka Septiarusli

Bravo jal !
Daerah indonesia bagian barat bakal kena dampak juga gk jal ?

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih irman untuk komentarnya
akan coba saya jawab pertanyaan anda,,,,
ya mungkin bisa terkena dampak,
dari artikel yang saya baca bahwa pada tahun 2006 kondisi pada bulan september – oktober, dari pemantauan BMG kondisi dinamika laut-atmosfer wilayah perairan barat Sumatra hingga selatan Nusa Tenggara Timur yang menjadi sumber uap air utama untuk wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur masih dingin. Dengan suhu muka laut yang dingin ini maka tidak memungkinkan terjadinya penguapan air laut sehingga tidak terbentuk uap air yang dibutuhkan untuk terjadinya hujan. Kondisi ini menyebabkan beberapa wilayah baru akan mengalami musim hujannya pada akhir tahun. namun BMG terus mengupdate data mereka baru-baru ini BMG menyebut, beberapa wilayah Indonesia mengalami gangguan sehingga curah hujan turun di bawah rata-rata. Gangguan itu terjadi di sebelah barat Bengkulu sampai Lampung dan Sumatera bagian selatan sampai selatan Jawa Timur. Selain itu, juga terjadi episode El Nino yang lemah.
terima kasih irman
maaf kalo salah jawab

4 01 2010
muhammaddio

nah….kan banyak dsbutin tuh dampak2nya,, pertanyaannya gni apa ada tindakan pemerintah untuk menanggulangi dampak2 dari el nino dan la nina ini???contohnya ap zal??

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih saudara dio untuk komentarnya…
baiklah akan coba saya jawab.
dari artikel yang saya baca tindakan pemerintah untuk menanggulanginya adalah sebagai berikut :
1. membentuk laisson officer (LO) yang dilengkapi SMS center dan berfungsi untuk menumbuhkan keperdulian dan kehati-hatian masyarakat luas (public awarness) dalam mengelola dan memanfaatkan sumber air, mengolah lahan dan lingkungan, memilih varietas dan bercocok tanam dalam situasi El Nino, mencatat serta melaporkan kejadian kekeringan dalam dimensi ruang dan waktu, dan memberi arahan , solusi serta pendampingan terkait pengelolaan air, tanah dan tanaman.
2. menanamkan benih atau bibit-bibit unggul
3. menaikan muka air dengan cara dam parit untuk mengairi lahan budidaya
4. menerapkan irigasi intermiten, bergilir dan irigasi tetes
5. meningkatkan efisiensi pemanfaatan air pada daerah daerah rawan kekeringan, termasuk didalamnya adalah memperbaiki saluran irigasi
6. menyiapkan saran dan prasarana untuk mentransfer air antar wilayah
demikian sebagian kecil dari usaha-usaha pemerinta untuk menanggulangi el nino dan la nina.
terima kasih dio untuk pertanyaannya

4 01 2010
igleysias

apakah pengaruh cuaca yang disebabkan el nino dan la nina hampir sama dengan negara-nrgara lain. Beri alasan. Thx

4 01 2010
rizalfzi

terima kasih iglesias untuk pertanyaannya…
akan coba saya jawab
mugkin beda karena di indonesia hanya terjadi 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. tetapi di negara-negara lain mereka memiliki lebih dari 2 musim seperti di eropa yang memiliki 4 musim.
terima kasih iglesias atas pertanyaannya

5 01 2010
lintang

Salut dengan usaha kamu untuk menjawab, tingkatkan terus usahanya. Tulisannya juga sudah cukup baik, semoga bisa terus berkarya menghasilkan tulisan-tulisan yang luar biasa.
Terinspirasi dari tulisan anda “Seluruh dunia terkena dampak dari El Nino yaitu kekeringan di Australia, bagian selatan Afrika dan sebagian besar Asia. El nino juga menyebabkan kekeringan di Indonesia, tapi karena Indonesia merupakan Negara maritime jadi tidak semua terkena dampak dari el nino ini”.
Apakah keterkaitan antara Indonesia sebagai negara maritim dengan dampak el nino yang hanya diterjadi disebagian wilayah Indonesia, padahal dampak el nino tersebut dikatakan bahwa pada tahun 1997-1998 seluruh dunia terkena dampak dari El Nino?

5 01 2010
rizalfzi

bu terima kasih untuk pertanyaannya…
akan saya coba jawab..
mnrut saya ada keterkaitannya karena indonesia sebagai negara maritim lebih diuntungkan karena indonesia terdiri dari pulau2 maka el nino dan la nina tidak langsung mengenai seluruh wilayah indonesia karena terhalangi oleh pulau-pulau lain.sehingga mengakibatkan tidak semua daerahnya terkena dampak dari el nino dan la nina, tidak seperti negara lain yang terkena dampak lebih besar daripada indonesia dikarenakan struktur negaranya tidak terdiri dari pulau-pulau,,jadi el nino dan la nina langsung mengenai daerah tsb.
demikian jawaban saya…maaf jika ada kesalahan.
terima kasih bu…

5 01 2010
FaisaL

ok,,.
jal..
pada saat ini seperti yang kita ketahui iklim yang kadang sulit untuk di prediksi akibat pengaruh el nino dan la nina..
Lantas, di Indonesia ini apa yang paling mempengaruhi iklim di sini. Tekanan udara kah, curah hujan kah, atau apa menurut anda ?

Terima kasih.

5 01 2010
rizalfzi

terima kasih untuk komentarnya
akan coba saya jawab
menurut saya adalah curah hujannya karena pada saat terjadi el nino curah hujan menjadi sedikit dan ini mengakibatkan musim kemarau menjadi lebih panjang. dan juga pada saat terjadi la nina curah hujan menjadi banyak dan mengakibatkan musim hujan yang lebih lama.
terima kasih

5 01 2010
jelajahlaut

aduh mas ijal,,
bagus sekali jawaban-jawaban anda…

tapi kayaknya ada satu pertanyaan lagi mas ijal..

kan dari pertanyaan Jimmy ijal menjawab bahwa perubahan fisik pada ikan tidak akan terjadi tetapi ikan itu akan cenderung menghidarinya, contohnya ikan Anchovy. itu berarti ikan tersebut bermigrasi ke tempat lain.
berarti akan ada suatu perairan yang mendapat kelimpahan ikan dari dampak el nino tersebut,
nah pertanyaannya daerah manakah itu ???

5 01 2010
rizalfzi

terima kasih bung sena untuk pujiannya,,,
terima kasih juga untuk pertanyaanya akan coba saya jawab
menurut saya ikan-ikan akan bermigrasi untuk menghindari dari dampak el nino dan la nina, ikan-ikan cenderung mencari habitat yang sesuai dengan habitat aslinya, apalagi pada saat ikan akan bereproduksi membutuhkan suhu yang tetap sesuai dengan habitatnya tanpa dipengaruhi oleh el nino dan la nina.
dan menurut saya ikan-ikan itu akan bermigrasi ke daerah yang tidak terkena dampak dari el nino dan la nina

5 01 2010
jelajahlaut

komen jg d blog jelajahlaut.wordpress.com

5 01 2010
thefadhil

good blog boys
ga nyangka gu lu bisa,,salut buat rizal na ayu
hahahha
da sedikit pertanyaan dari saya,,

menurut anda apakah cuaca di indonesia terutama pola curah hujan bisa berubah akibat la nina dan el nino dan hubungannya dengan sektor perikanan,seperti reproduksi ikan???

terima kasih jal

5 01 2010
rizalfzi

terima kasih untuk pertanyaanya
akan coba saya jawab.
menurut saya pola curah hujan yang terjadi bisa berubah akibat dari el nino dan la nina karena dari dampak el nino sendiri bisa mengakibatkan musim kemarau lebih panjang karena angin moonson melemah.
mungkin akibat dari pola curah hujan yang berubah-ubah ikan-ikan di laut jadi tidak bisa bereproduksi karena pada saat ikan bereproduksi membutuhkan suhu yang tetap.
demikian jawaban saya
maaf jika salah menjawab
terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: